top of page

WSJ Sebut Apple Bakal Gantikan Port Lightning Dengan USB Type-C di iPhone Berikutnya


PT Rifan Financindo - Tahun lalu Apple sudah cukup membuat kegaduhan gara-gara meniadakan port audio jack 3,5mm dan menggantikannya dengan port Lightning tunggal di iPhone 7. Keputusan tersebut menimbulkan kekecewaan di berbagai pihak, karena Apple cuma memungkinkan satu jalur saja untuk mengisi baterai ponsel, mendengarkan musik serta mentransfer data.

Jika pengguna menghendaki untuk mampu menjalankan seluruh fitur tersebut secara bersamaan, pengguna bisa memilih untuk membeli headset Bluetooth atau membeli sebuah aksesori baru, yang berarti menambah pengeluaran untuk sebuah fitur yang seharusnya bisa dinikmati secara gratis.

Kini muncul kabar baru lagi yang mungkin tak pernah diduga sebelumnya, juga tak kalah revolusioner ketimbang keputusan meniadakan audio jack 3,5mm. Wall Street Journal yang terkenal kredibel menyampaikan kabar bahwa iPhone berikutnya bakal menggantikan port & konektor Lightning dengan port & konektor USB Type-C. PT Rifan Financindo.

Sekalipun informasi ini terkesan agak aneh mengingat selama ini Apple lebih menghendaki pemakaian solusi buatan mereka sendiri, namun Apple juga terkenal tak segan-segan menggantikan fitur yang dianggap tak lagi sesuai dengan kebutuhan. Apalagi Apple sebelumnya juga merupakan pionir dalam pemakaian port USB Type-C lewat pemakaiannya di lini MacBook, dan baik Lightning maupun USB Type-C kebetulan juga memiliki sejumlah kemiripan fitur satu sama lain. PT Rifan Financindo.

The Verge menganggap bahwa kabar tersebut bisa diartikan lain, dimana Apple mungkin bakal menyertakan pemakaian port USB Type-C bukan di iPhone, tapi di power adapter. Ini berarti bahwa port USB-A di ujung kabel power bakal digantikan dengan USB-C, mirip seperti apa yang sudah mereka jalankan di MacBook. Hal ini dianggap lebih masuk akal, mengingat pengguna bakal dimungkinkan untuk mengisi baterai iPhone baru mereka lewat kabel yang sudah tersedia di dalam boks iPhone dan menghubungkannya ke MacBook. Tak cuma itu, standar terbaru Ultra Accessory Connector (UAC) tampaknya juga memperkecil kemungkinan kalau Apple bakal menggantikan port Lightning di iPhone berikutnya. PT Rifan Financindo.

Sumber : Gopego

RECENT POST
bottom of page