top of page

Terungkap, Nyamuk Terbang dengan Cara Tak Lazim



Studi dari tim yang terdiri dari empat orang ilmuwan itu dipublikasikan di situs Nature. Dirangkum dari Gizmodo, Senin (3/4/2017), untuk mengamati gerakan nyamuk, para ilmuwan menggunakan delapan kamera berkecepatan tinggi.

Mereka merekam pergerakan nyamuk dari beragam sudut pandang kamera agar bisa menganalisis setiap kepakan sayapnya. Setelah mendapatkan bukti rekaman, mereka pun melakukan observasi lebih mendalam.

Hasilnya, ditemukan dua perbedaan yang umumnya tak dimiliki oleh hewan terbang lainnya. Nyamuk ternyata mampu mengepakkan sayapnya lebih cepat 700 mhz dan setiap kepakan sayapnya berada di sudut kurang dari 40 derajat.

Selain itu, salah satu hal unik dari cara terbang nyamuk ialah mampu menghasilkan daya angkat dengan memutar sayapnya. Sayap nyamuk bergerak berputar dari atas ke bawah yang berasal dari bagian tubuhnya.

Tekanan rendah saat sayap berada di atas mampu sedikit mengangkat tubuh nyamuk. Meski hanya memiliki sedikit dorongan ke atas, namun nyamuk mampu memaksimalkan kemampuannya tersebut.

Pada dasarnya, nyamuk mampu melakukan dua hal sekaligus dengan tidak memutarkan semua sayapnya. Putaran sayap dimulai di dekat tubuhnya kemudian disusul bagian ujung. Hal itu untuk menghasilkan daya angkat di setiap kepakannya.

Dengan cara tersebut, nyamuk mampu memaksimalkan setiap kepakan sayapnya dengan cepat dan dengan waktu relatif singkat. Rifan Financindo.

Sumber : Okezone

RECENT POST
bottom of page