top of page

Tahukah Anda: Apple Gagal Gunakan Titanium Untuk Bodi iPhone, Tapi Tidak Dengan Smartphone Essential


Rifanfinancindo - Startup yang didirikan oleh pendiri Android yaitu Andy Rubin telah resmi mengumumkan produk smartphone pertama mereka kemarin malam, lengkap dengan berbagai macam fitur yang membuatnya lain daripada smartphone kebanyakan. Bodi handset tersebut menggunakan kerangka dari bahan titanium; bahan yang jauh lebih mewah ketimbang alumunium seperti yang umum dipakai di berbagai produk smartphone saat ini, sementara lapisan panel belakangnya menggunakan bahan keramik.

Handset ini kabarnya siap dipasarkan mulai bulan depan, dan para peminat disarankan untuk segera memesannya mulai sekarang karena ponsel tersebut dirancang 'bukan untuk semua pelanggan,' kata Jason Keats yang menjabat sebagai pimpinan divisi arsitektur produk di Essential.

"Kami telah menelusuri berbagai macam metode dan teknologi manufaktur yang memang tak dirancang untuk memproduksi perangkat sampai 50 juta unit," kata Keats dalam sambutannya.

Hal ini merupakan sebuah 'berkah terselubung' bagi Essential; tidak seperti Apple yang dipaksa untuk memilih bahan serta strategi yang tepat demi memungkinkan mereka untuk menjual sebanyak 50 juta unit iPhone setiap kuartal, Essential tidak memiliki beban tersebut dan bebas memilih bahan yang lebih premium serta teknologi yang lebih canggih walaupun cuma mampu menelurkan jumlah produksi yang lebih rendah.

Bahan titanium sudah terkenal sebagai bahan yang sangat sulit dibentik, bahkan oleh mesin sekalipun. Keats menjelaskan bahwa pihaknya benar-benar berkeliling dunia untuk menemukan orang yang benar-benar mampu menjalankan pemrosesan dengan cara yang berbeda, dan akhirnya menemukan sebuah toko kecil di Jerman yang mampu memproses bahan titanium sebagai kerangka smartphone. Para engineer Essential bahkan menyombongkan kalau Apple sebenarnya sempat berupaya untuk menggunakan bahan titanium di iPhone berikutnya, namun sejauh ini mereka masih belum bisa melakukannya.

Hal inilah yang menjadikan produk smartphone dari Essential begitu spesial, mirip seperti halnya jam tangan Swiss begitu spesial dan eksklusif di kalangan penggemar. Rifanfinancindo.

Sumber : Gopego

RECENT POST
bottom of page