top of page

Mulai Terlupakan, Usia SMS Sudah 25 Tahun


SMS pertama kali dikirim pada 3 Desember 1992 silam. Orang yang berada di balik SMS adalah Neil Papworth. Saat itu ia mengirimkan pesan ucapan natal, "merry christmas" dari PC ke telefon selular melalui operator Vodafone.

Sebelum era smartphone mendominasi dunia, sebagian besar telefon selular memiliki tombol-tombol fisik untuk mengetik di layar yang disebut sistem T9 atau candybar keyboard. Kemudian setelah adanya smartphone tombol itu berubah menjadi QWERTY.

Menurut Phona Arena, Senin (4/12/2017), feature phone masih banyak dijual hingga kuartal pertama 2013. Pada Juni 2000 sebanyak 12 juta SMS dikirimkan di Amerika Serikat.

Kemudian pada Juni 2006 jumlahnya meningkat menjadi 12,5 miliar, dan hingga Juni 2007, rata-rata pengiriman SMS telah mencapai 45 miliar setiap bulannya. Dua tahun kemudian, jumlah rata-rata pengiriman SMS meningkat tajam menjadi 161 miliar.

Terbaru pada Juni 2017, jumlah pengiriman SMS telah mencapai 781 miliar pesan. Meski demikian, dengan datangnya perangkat smartphone kepopuleran SMS mulai terancam.

Aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, dan lainnya menjadi pemicunya. Bayangkan, per harinya WhatsApp bisa mengirimkan pesan sebanyak 55 miliar.

Meski demikian SMS masih belum bisa dihilangkan dalam waktu dekat. Kurang meratanya akses internet menjadi alasan orang-orang masih menggunakan SMS. Rifanfinancindo.

Sumber : Okezone

RECENT POST
bottom of page