top of page

Samsung Umumkan Chip eUFS Storage 512GB Untuk Smartphone Flagship Selanjutnya


Rifan Financindo - Sudah tidak diragukan lagi jika Samsung menjadi produsen smartphone nomor satu di dunia, dimana tidak hanya angka penjualan smartphone Galaxy saja yang membuat Samsung berada di posisi puncak, pasokan komponen untuk produsen smartphone lain juga yang membuat perusahaan Korea Selatan ini menjadi raksasa smartphone. Jadi setiap inovasi atau teknologi baru yang dikembangkan dan digunakan oleh perusahaan ini akan mempengaruhi keseluruhan pasar smartphone.

Baru-baru ini Samsung telah mengumumkan hal menarik, yakni chip penyimpanan untuk smartphone yang memiliki kapasitas tinggi. Jika saat ini kapasitas penyimpanan tertinggi smartphone adalah 256GB, Samsung memiliki chip penyimpanan baru yang memiliki kapasitas 512GB. Samsung sendiri sudah mulai memproduksi massal chip memori flash eUFS 512GB.

Penyimpanan eUFS terdiri dari delapan chip 64-layer 512GB V-NAND dan chip pengontrol untuk menyediakan kapasitas penyimpanan yang tak tertandingi. Dengan demikian, mereka melipatgandakan kerapatan chip 48 layer sebelumnya. Chip ini harus membawa kinerja yang maksimal untuk smartphone dan tablet flagship. Bisa dikatakan, penyimpanan eUFS 512GB yang baru ini mampu menyimpan sekitar 130 klip video 4K Ultra HD (3840 × 2160) dengan durasi 10 menit.

Selain itu, pabrikan juga memperkenalkan seperangkat teknologi baru untuk memaksimalkan kinerja dan efisiensi energi. Adanya desain sirkuit baru dan teknologi pengendali daya akan meminimalkan penggunaan daya. Ditambah lagi, chip eUFS 512GB mempercepat proses pemetaan saat mengubah alamat blok logis menjadi blok fisik.

Akhirnya, Samsung telah meningkatkan kecepatan read / write, dimana chip penyimpanan eUFS512GB ini memberikan kinerja read delapan kali lebih cepat daripada kartu microSD biasa. Dengan kata lain, klip video Full HD 5GB dapat ditransfer ke SSD dalam waktu 6 detik saja. Meski saat ini Samsung belum mengungkapkan perangkat apa yang bakal mengusung chip ini, namun tentu kita berharap jika Galaxy S9 akan hadir dengan chip ini. Rifan Financindo.

Sumber : Berita Teknologi

RECENT POST
bottom of page