top of page

Dapat Sertifikat Bluetooth SIG, Ponsel Fitur 4G Nokia Segera Meluncur?


Rifan Financindo - Sebelumnya telah beredar laporan yang mengungkapkan jika HMD global memiliki ponsel fitur baru yang akan mendukung jaringan 4G. Bahkan perangkat dengan nomor model TA-1047 dan TA-1060 yang diduga akan menjadi ponsel fitur 4G dari HMD global telah menerima sertifikasi dari Federal Communications Commission (FCC) di Amerika Serikat.

Munculnya spekulasi yang mengatakan jika kedua perangkat tersebut adalah ponsel fitur karena sertifikasi FCC menggambarkan perangkat tersebut sebagai ponsel fitur, bukan sebagai smartphone. Kini ponsel fitur 4G tersebut juga telah mengantongi sertifikasi dari Bluetooth SIG yang mengindikasikan bahwa kehadirannya sudah semakin dekat.

Bluetooth SIG memiliki sertifikat untuk ponsel Nokia TA-1047, TA-1060, TA-1056, TA-1079 dan TA-1066. Tampaknya ini bisa jadi lima varian dari ponsel fitur 4G Nokia, yang nantinya ditujukan untuk masing-masing pasar yang berbeda. Kemungkinan jika ponsel fitur tersebut akan hadir dalam varian single SIM untuk wilayah Eropa dan AS, sementara varian dual-SIM akan ditujukan untuk wilayah lain seperti Asia, Amerika Latin, Afrika, dan lain-lain.

Selain itu, deskripsi versi software dari perangkat tersebut menunjukkan bahwa itu tidak akan berjalan di Android, namun mungkin akan menjalankan OS seri 30+ seperti yang dijalankan oleh Nokia 3310 (2017). Daftar FCC telah mengungkapkan bahwa dimensi ponsel tersebut adalah 133 x 68mm. Hal ini yang memunculkan spekulasi bahwa ponsel tersebut akan hadir dengan keyboard QWERTY fisik seperti Nokia E63.

HMD global sendiri memulai debutnya dengan merek Nokia pada awal tahun 2017, dan smartphone pertama yang mereka luncurkan adalah Nokia 6. Kini setelah satu tahun debut di industri smartphone dengan Nokia, HMD global diharapkan segera meluncurkan Nokia 6 (2018) dan Nokia 9 yang akan menjadi smartphone flagship, selain menghadirkan ponsel fitur yang mendukung 4G di kuartal pertama 2018. Rifan Financindo.

Sumber : Berita Teknologi

RECENT POST
bottom of page