top of page

Google Jadi Perusahaan dengan Kinerja CSR Terbaik


Rifan Financindo - Setahun belakangan ini, dunia bisnis telah melihat bagaimana raksasa teknologi, tidak kebal dari yang namanya krisis reputasi.

Di satu sisi, beberapa perusahaan besar seperti Apple dan Facebook saat ini masih diterpa sejumlah skandal. Di sisi lain, perusahaan besar lainnya seperti Google sukses membangun reputasi publik yang baik.

“Google masih menjadi pilihan sebagai tempat kerja, karena dipandang sebagai tipe perusahaan yang ‘tidak berbuat jahat’,” jelas chief reputation officer Reputation Institute Stephen Hahn-Griffiths.

Reputation Institute merilis CSR RepTrak, hasil penelitian tahunan terhadap sejumlah perusahaan dengan reputasi CSR terbaik di dunia. Peringkat tahun ini menunjukkan rata-rata penurunan sebesar 1,4 poin. Di samping itu, studi tersebut menemukan adanya evolusi dalam CSR.

Organisasi tersebut memutuskan untuk menghilangkan kata ‘sosial’, mengubah CSR menjadi CR Reptrak.

“Tanggung jawab perusahaan terhadap sosial, fiskal, kepemilikan, dan lingkungan sama-sama penting,” tambah Stephen.

Jadi pilihan para pekerja

Berdasarkan CR Reptrak, Google menjadi perusahaan dengan CR terbaik tahun ini dengan nilai 71,9. Padahal baru tahun lalu Google terkena kasus akibat memo antikeragaman yang ditulis James Damore, salah satu stafnya. Namun, Google berhasil memperbaiki reputasinya dari kontroversi tersebut.

Menurut Stephen, salah satu yang membuat Google begitu berhasil dalam CR adalah kepala eksekutifnya Sundar Pichai.

Saat memo antikeragaman tersebut tersebar di publik, Pichai langsung kembali dari liburannya dan segera memecat James Damore serta mengecam diskriminasi dalam email yang disebar ke seluruh email perusahaan.

Tindakan yang dilakukan Pichai menunjukkan komitmennya dalam memastikan status Google sebagai perusahaan yang memberikan kesempatan setara bagi semua orang. Selain itu, Google juga dikenal sebagai perusahaan yang peduli terhadap pegawainya.

“Google dipuji atas nilai-nilai, budaya, dan komitmennya untuk menciptakan tempat kerja yang menyenangkan,” ujar Stephen.

“Apabila Anda tidak bisa memperlakukan pekerja Anda dengan baik, Anda tidak akan bisa mendapatkan CR yang baik,” sambungnya.

Namun, Stephen juga mengingatkan agar Google berhati-hati terhadap pemerintahan. Apalagi Google sangat berhubungan dengan data. Google harus terbuka, transparan, dan berhati-hati. Rifan Financindo.

RECENT POST
bottom of page