top of page

Lima Fitur Android 11 yang 'Nyontek' iOS


Rifan Financindo - Google mulai menyebar pembaruan Android 11 versi public beta, dan pembaruan tersebut punya sejumlah fitur baru, beberapa di antaranya sudah di iOS. Hal semacam ini lazim terjadi, seperti fitur bagus yang ada di iOS kemungkinan besar nantinya bakal ada di Android, dan juga sebaliknya, fitur yang ada di Android juga nantinya bakal muncul di iOS.

Kontrol smart home

One-Time Permission Setelah hadir di iOS 13 yang dirilis 2019 lalu, kini Android 11 juga punya fitur one-time permission, yaitu pengguna punya opsi untuk memberi izin ke aplikasi untuk mengakses fitur tertentu ponsel sesuai kebutuhan.

Maksudnya sesuai kebutuhan, akses ini hanya diberikan satu kali dan aplikasi tak terus menerus mendapat izin ke fitur tersebut. Tak cuma itu, jika aplikasinya sudah lama tak digunakan, izin ini juga otomatis akan terhapus.

Mempermudah Perpindahan Perangkat Media Google mempermudah perpindahan antara satu perangkat media dengan perangkat yang lain, seperti dari speaker bluetooth ke earphone bluetooth lewat menu notifikasi di Android 11. Fitur semacam ini sebelumnya sudah ada di Control Center iOS lewat ikon AirPlay.

Antarmuka Screenshot Antarmuka untuk melakukan screenshot di Android 11 mengalami perubahan, di mana setelah melakukan screenshot, gambarnya akan ditampilkan di bagian kiri bawah layar. Kemudian pengguna bisa memilih untuk mengedit gambar tersebut ataupun membagikannya ke layanan lain. Fitur ini sebelumnya sudah ada di iOS 11.

Screen Recording Google akhirnya memberikan fitur untuk melakukan rekaman layar atau screen recording secara native di Android. Dan di Android 11, implementasi fitur ini mirip dengan yang ada di iOS, yaitu diakses lewat menu Quick Setting (Control Center di iOS). Rifan Financindo.

Sumber : Detik

RECENT POST
bottom of page